Pemerintah Kabupaten Wonosobo menggelar Upgrading Lapor Bupati 2025 di Pendopo Selatan pada Senin, 28 Juli 2025. Hal ini sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan pengaduan masyarakat. Kegiatan ini dihadiri Bupati Afif Nurhidayat, pimpinan OPD, dan admin pengelola aplikasi LaporBup.
Bupati Afif menegaskan pentingnya merespons aduan secara cepat, solutif dan empatik, bukan sekadar formalitas birokrasi. Sejak diluncurkan pada 2022, aplikasi ini telah menerima 2.548 aduan, dengan kanal WhatsApp sebagai fitur andalan.
Dalam arahannya, Bupati menegaskan bahwa pengelolaan aduan masyarakat bukan sekadar rutinitas administratif, melainkan cerminan kualitas pelayanan publik dan indikator kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah.
Kepala Diskominfo, Kristiana Dhewi, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi dan meningkatkan kualitas respons. Sementara itu, Ombudsman RI menekankan bahwa pengaduan adalah alat deteksi maladministrasi dan perbaikan layanan.
Dengan penambahan fitur notifikasi cepat dan peningkatan kapasitas SDM, Pemkab berharap sistem ini mendorong pelayanan publik yang lebih responsif dan terpercaya. (FAZ)